F

Welcome Wiguna Grup
go to my homepage
Go to homepage

Jumat, 13 April 2012

Kenali Kerusakan Ban

Sebelum mengemudikan kendaraan, periksalah ban kendaraan Anda agar lebih aman dan nyaman diperjalanan.
  1. Periksa ban tampak luar. Apakah ada kerusakan, terbelah, kena paku, batu atau aus.


  2. Periksa tekanan angin secara berkala. Periksa ban tekanan anginnya kempis atau masih stabil. Ban dengan tekanan angin kurang dari standar akan menyebabkan permukaan ban mudah terkelupas dan aus tak rata. Sedangkan ban dengan tekanan angin melebihi tekanan standar berbahaya, dapat meledak/pecah ban dan aus tak rata.


  3. Periksa beban yang ditanggung ban. Beban terlalu berlebih dapat menyebabkan terjadinya tekukan berlebihan pada ban, panas berlebih, dan meledak/pecah ban.

    Aus Tak Rata (Aus satu sisi)Keselarasan roda (Spooring) tidak sesuai. Rotasi berkala tidak tepat waktu atau tidak dilakukan.





    Aus Tak Rata (Aus gergaji)Rotasi berkala tidak tepat waktu atau tidak dilakukan.
    Suspensi tidak sempurna. Pengereman dan akselerasi mendadak. Tekanan angin tidak cocok dan atau berlebihan. .

    Pemisahan Telapak
    Tekanan angin kurang dan atau beban berlebih.
    Kecepatan kendaraan terlalu tinggi.


    Pemisahan Telapak akibat Terpotong
    Daya rekat karet terhadap benang turun, akibat terpotong.
    Tekanan angin rendah dan atau beban berlebih.

    Terpotong Pelek
    Pelek cacat
    Ukuran pelek tidak cocok
    Salah bongkar dan pasang


    Retak karena Ozon
    Penyimpanan yang tidak layak, terkena sinar matahari atau mesin listrik
    Terlalu lama disimpan
    Beban berlebihan atau tekanan angin kurang


    Dinding Menggelembung
    Benang putus akibat benturan
    Pengemudian yang kasar

    Aus Tak Rata (Aus setempat) Pengereman dan akselarasi mendadak. Sistem rem cacat. Suspensi dan atau bagian yang berputar cacat. Pemasangan ban tidak sempurna dan "run out" besar. Rotasi berkala tidak tepat waktu atau tidak dilakukan.

    Berjalan Tanpa Angin.Kempis mendadak akibat robekan, penambalan yang gagal, pelek cacat, atau pemasangan tidak tepat.
    Dijalankan terus meskipun ban kempis. Tekanan angin terlalu rendah.

    Telapak Terpotong
    Tergores benda tajam seperti, batu, paku, besi, kaca.
    Pengemudian kasar.

    Meledak akibat Terpotong
    Menumbuk benda tajam dan terpotong
    Tekanan angin terlalu tinggi dan beban berlebih
    Pengemudian kasar


    Tergesek Pelek
    Pelek cacat
    Ukuran pelek tidak cocok
    Tekanan angin rendah dan atau beban berlebih
    Pengereman.


    Dinding Terpotong
    Tergores benda tajam
    Pengemudian yang kasar







    Aus Tak Rata (Aus satu sisi)
    Keselarasan roda (Spooring) tidak sesuai.
    Rotasi berkala tidak tepat waktu atau tidak dilakukan.

    Aus Tak Rata (Aus gergaji)
    Rotasi berkala tidak tepat waktu atau tidak dilakukan.
    Suspensi tidak sempurna.
    Pengereman dan akselerasi mendadak.
    Tekanan angin tidak cocok dan atau berlebihan.


    Rusuk Koyak (Cuil)
    Kendaraan berjalan pada trotoar dan bahu jalan.
    Membelok secara mendadak.
    Beban berlebihan.


    Pemisahan Telapak akibat Terpotong
    Daya rekat karet terhadap benang turun, akibat terpotong.
    Tekanan angin rendah dan atau beban berlebih.


    Dinding Terpotong
    Tergores benda tajam.
    Pengemudian yang kasar.


    Benang Putus Melingkar (Cord Breaking Up-CBU)
    Kendaraan berjalan terus-menerus dalam keadaan kurang angin.
    Beban berlebihan.




    Terpotong Pelek
    Pelek cacat.
    Ukuran pelek tidak cocok.
    Salah bongkar dan pasang.





    Ujung Lembar Benang Terpisah
    Tekanan angin kurang dan beban berlebihan.
    Panas tinggi akibat pengereman yang besar.
    Pemasangan yang tidak sempurna.

    sumber : Brigestone


    Aus Tak Rata (Aus diagonal)
    Pengereman dan akselarasi mendadak.
    Sistem rem cacat.
    Suspensi dan atau bagian yang berputar cacat.
    Pemasangan ban tidak sempurna dan "run out" besar.
    Rotasi berkala tidak tepat waktu atau tidak dilakukan.


    Telapak Terpotong
    Tergores benda tajam, seperti batu, paku, besi, kaca.
    Pengemudian kasar.


    Meledak akibat Terpotong
    Menumbuk benda tajam dan terpotong.
    Tekanan angin terlalu tinggi dan beban berlebih.
    Pengemudian kasar.


    Pemisahan akibat Panas
    Pemakaian ban yang tidak cocok peruntukannya.
    Kendaraan berjalan pada kecepatan tinggi terus menerus.
    Tekanan angin kurang dan beban yang berlebihan.

    Berjalan Tanpa Angin
    Kempis mendadak akibat robekan, penambalan yang gagal, pelek cacat, atau pemasangan tidak tepat.
    Dijalankan terus meskipun ban kempis.
    Tekanan angin terlalu rendah.



    Pemisahan pada Bahu
    Tumbukan yang kuat.
    Tekanan angin rendah dan beban berlebih.
    Pengemudian kasar pada kecepatan tinggi.






    Bead Meledak
    Salah ukuran pelek atau komponen pelek.
    Pelek cacat (berubah bentuk, berkara, retak).
    Tekanan angin terlalu tinggi dan beban berlebihan.

    blogger templates 3 columns | Make Money Online